• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Selasa, 06 Oktober 2015

Membuat Rangkaian Jam Schematic

11:48 PM // by Unknown // No comments

Membuat Rangkaian Jam Schematic

Komponen yang dibutuhkan:
1.     7Segment HA114
2.     IC 74LS48
3.     IC 74LS90
4.     Resistor
5.     Komponen SW-SPST
Dari semua komponen yang dibutuhkan hanya ada satu yang belum tersedia pada library yaitu 7Segment HA114, maka dari itu kita harus membuatnya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah pembuatannya:
1.     Bukalah program schematic editor.
2.     Selanjutnya kita membuat komponen library dengan cara membuka “schematic        library editor” dengan cara pilih library kemudian  klik run library editor.
    
                    

3.     Lalu buatlah 7Segment HA114 seperti gambar berikut.

  buat sebuah persegi panjang mengunakan ikonpada library tools, lalu buat angka delapan menggunakan polygonal toolspada library tools, kemudian buat lingkaran dengan rectangle toolspada library tools, selanjutnya tambahkan teks mengguanakan icon pada library tools, terakhir tambahkan icon pinsPada library tools.

4.     Jika telah selesai maka klik add pada kolom component kemudian berikan nama      “7Segment HA114” untuk komponen yang telah kita buat.

5.   Jika telah selesai maka kita perlu menyimpan komponen yang telah kita buat           tadi, dengan cara pilih file kemudian  save as ,lalu berikan nama 7segment pada       komponen tadi.
             

6.     Selanjutnya kita buka kembali schematic capture, untuk melanjutkan pembuatan       rangkaian.
7.     Selanjutnya siapkan berbagai komponen yang telah disebutkan diatas.                      Komponen ini terdapat dalam  berbagai pilihan menu yang ada di Library. 
                        
8.     Jika belum ada/kosong, maka kita perlu mengisinya terlebih dahulu dengan cara      mengklik menu library pada Menu Bar, pilih add/remove Lalu akan muncul              kotak dialog berikut.
9.     Kemudian tambahkan komponen-komponen yang diperlukan termasuk                    komponen yang telah kita buat tadi.           

10. Selanjutnya tambahkan komponen 7Segment HA114 yang telah kita buat tadi          yang  terdapat pada menu 7SEGMENT.LIB pada library.  
             
11. Lalu tambahkan resistor pada menu Device.lib, tambahkan kabel manggunakan        icon wirespada wiring tools, seperti gambar.

12. Lalu tambahkan power ground dengan cara mengklik power port toolspada wiring tools, kemudian Untuk membuat power ground klik 2x pada port vcc, jika     telah muncul kotak dialog power port  kita harus mengisi kolom net dengan “GNB” lalu ganti style dengan power ground.
      

13. Kemudian tambahkan IC 74LS48 pada menu ttl.lib pada library
                                       

14.  Selanjutnya tambahkan komponen IC 74LS90 pada menu ttl.lib pada library dan      posisikan seperti gambar berikut.
                         

15.  Berikut ini gambar rangkaian yang telah kita selesaikan.

16. Selanjutnya perbanyak rangkaian tersebut sebanyak 6 buah dengan cara Klik             iconpada tool bar untuk memblock objek yang ingin dicopy.


17. Selanjutnya klik Edit kemudian copy atau cukup tekan ctrl+ins, lalu paste              dengan cara klik Edit lalu paste atau tekan shift+ins.


18. Kemudian perbanyak rangkaian seperti gambar berikut.

19.  Setelah itu kembali ke menu edit lalu pilih deselect all agar warna rangkaian            kembali normal.

20. Sehingga terjadilah gambar seperti berikut.

21. Selanjunya tambahkan kabel manggunakan icon wirespada wiring                tools, dan juga tambahkan port menggunakan icon portpada wiring tools     seperti gambar berikut.




22.  Kemudian tambahkan power ground dan node menggunakan iconpada        wiring tools.



23. Buat lagi kabel dan tambahkan komponen SW-SPST pada menu device.lib                kemudian tambahkan PCB routing menggunakan iconpada wiring              tools.

24. Selanjutnya tambahkan kabel, node, power ground, komponen SW-SPST, dan          juga pcb routing hingga menjadi seperti gambar berikut.


25.  Selesai!


0 komentar:

Posting Komentar