• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Selasa, 01 Maret 2016

Cara Sharing File Antar Komputer Menggunakan Hub

9:55 AM // by Unknown // No comments



Cara Sharing File Antar Komputer Menggunakan Hub

Assalamualaikum .Wr .Wb Kali ini saya akan berbagi mengenai cara sharing file menggunakan antar komputer menggunakan hub. Untuk melakukan itu semua pertama kita memerlukan kabel UTP Straight, sebuah Hub, dan beberapa komputer. Pertama saya akan berbagi mengenai cara membuat kabel UTP Straight. Berikut ini alat yang kita butuhkan untuk membuat kabel UTP Straight:
  • kabel UTP
            
  • Connector RJ-45
          
  • Crimping tools
  • RJ-45 LAN Tester
  • Pengupas Kabel
Langkah- langkah yang perlu dilakukan untuk membuat kabel UTP Straight:
·         pertama Kupas ujung kabel sekitar 2 cm, sehingga kabel kecil-kecil yang ada didalamnya kelihatan.
  • Kemudian pisahkan kabel-kabel tersebut dan luruskan.
.
  • Kemudian susun dan rapikan berdasarkan warnanya yaitu Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Setelah itu potong bagian ujungnya sehingga rata satu sama lain.
  • Setelah kabel tersusun, ambil Jack RJ-45. Seperti yang saya katakan tadi Jack ini terdiri dari 8 pin. Pin 1 dari jack ini adalah pin yang berada paling kiri jika posisi pin menghadap Kita. Berurut ke kanan adalah jack 2, 3, dan seterusnya.
            
·         Kemudian masukkan kabel-kabel tersebut ke dalam Jack RJ-45 sesuai dengan urutan tadi yaitu sebagai berikut:
    • Orange Putih pada Pin 1
    • Orange pada Pin 2
    • Hijau Putih pada Pin 3
    • Biru pada Pin 4
    • Biru Putih pada Pin 5
    • Hijau pada Pin 6
    • Coklat Putih pada Pin 7
    • Coklat pada Pin 8.
          Masukkan kabel tersebut hingga bagian ujungnya mentok di dalam jack.
        
·         Selanjutnya masukan Jack RJ-45 yang sudah terpasang dengan kabel tadi ke dalam mulut tang crimping yang sesuai sampai bagian pin Jack RJ-45 berada didalam mulut tang. Sekarang jepit jack tadi dengan tang crimping hingga seluruh pin menancap pada kabel. Biasanya jika pin jack sudah menancap akan mengeluarkan suara “klik”.
           
·         Sekarang Kita sudah selesai memasang jack RJ-45 pada ujung kabel pertama. Untuk ujung kabel yang kedua, langkah-langkahnya sama dengan pemasangan ujung kabel pertama tadi. Untuk itu, ulangi langkah-langkah tadi untuk memasang Jack RJ-45 pada ujung kabel yang kedua
.
·         Kalau sudah kemudian kita test menggunakan LAN tester. Masukkan ujung ujung kabel ke alatnya, kemudian nyalakan, kalau lampu led yang pada LAN tester menyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti Kita telah sukses. Kalau ada salah satu yang tidak menyala berarti kemungkinan pada pin nomor tersebut ada masalah. Cara paling mudah yaitu Kita tekan (press) lagi menggunakan tang. Kemungkinan pinnya belum tembus. Kalau sudah Kita tekan tetapi masih tidak nyambung, maka coba periksa korespondensinya antar pin udah 1-1  atau belum.
           
Jika kita telah selesai membuat kabel Straight UTP selanjutnya kita akan menggunakan kabel Straight UTP yang telah kita buat sebelumnnya untuk menghubungkan hub dengan PC/Laptop. Berikut ala dan bahan  yang harus kita lakukan untuk sharing file dan menghubungkan antar komputer dengan hub:
·         4 buah kabel UTP Straight
·         4 buah PC/Laptop
·         Sebuah Hub

Berikut langkah-langkah yang harus kita lakukan:
·         Pertama hubungkan 4 buah Pc/Laptop ke Hub menggunakan kabel UTP Straight dan pastikan semua kabel telah terhubung dengan baik
·         Jika telah selesai, selanjutnya kita masuk ke laptop kemudian kita setting ip pada keempat laptop dengan kelas ip yang sama
·         Setelah mensetting semua ip selanjutnya kita cek apakah ip yang telah kita setting tadi telah benar dan berfungsi dengan cara membuka cmd, lalu ketikkan “ipconfig” dan ping semua ip pada keempat laptop tadi
 

·         Jika semua ip telah berfungsi selanjutnya kita perlu membuat homegroup agar bisa sharing file antar laptop, dengan cara membuka control panel lalu pilih network and internet lalu pilih homegroup.
·         Setelah itu kita  masuk ke  Homegroup dan klik tombol Create a homegroup.

·         Kemudian klik Next.
 
·         Lalu atur permission dari folder-folder yang ingin kita share di Homegroup dan klik Next jika sudah.
·          Kemudian akan muncul menu password yang akan menampilkan password Homegroup.
·         Terakhir akan ada window Homegroup untuk mengatur Homegroup, seperti mengganti password di Change the password, meninggalkan homegroup di Leave the homegroup dan lain-lain.
·         Selanjunya kita pilih change the password agar mudah kita ingat dan memudahkan komputer lain yang ingin join group dengan mengetikkan password yang ingin kita  gunakan dan klik Next.

·         kita akan melihat layar yang memberitahukan proses perubahan password selesai. Klik Finish .
·         Setelah Homegroup dibuat, saatnya untuk memasukkan 3 komputer lainnya kedalamnya. Pada laptop yang ingin join homgroup, klik Start dan ketikkan homegroup pada kotak Search dan tekan Enter.
·         Pada layar selanjutnya, kita akan melihat deskripsi Homegroup yang baru saja dibuat – klik tombol Join now.
                     
·         Tentukan apa yang ingin Kita share dengan Homegroup dan klik Next.
·         Ketikkan password untuk memasuki Homegroup dan klik Next.
·         Setelah itu, Kita akan melihat layar yang mengindikasikan bahwa laptop Kita telah berhasil memasuki Homegroup.
                          
·         Sekarang, Kita bisa membuka Windows Explorer dan melihat Homegroup pada panel Navigation, dan mampu melakukan sharing file.
·         Cara untuk mensharing file nya adalah klik kanan file yang akan di sharing pilih share with -> Homegroup(Read and Write). itu jika file yang di sharing boleh di baca dan di ubah seperti gambar berikut.

·         Akhirnya kita dapat melakukan Sharing sesuka hati kita. Itulah postingan saya mengenai Sharing data semoga artikel tersebut dapat bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar